-->

Soal Matematika Di Singapura Yang Menghebohkan Dunia

Soal Matematika Singapura Tahukah kalian bahwa bebepa waktu lalu sempat ada berita heboh mengenai soal matematika yang diberikan untuk pelajar di Singapora. Mengapa demikian? Karena konon soal tersebut membuat banyak orang di dunia berfikir untuk memecahkan soal tersebut. Penasaran dengan soalnya? Ini dia penampakannya:
Soal Matematika Di Singapura Yang Menghebohkan Dunia
Dan ini adalah hasil terjemahannya dalam bahasa Indonesia:

Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl dan mereka ingin mengetahui hari ulang tahunnya. Cheryl lalu memberikan 10 pilihan, yaitu: 



15 Mei, 16 Mei, 19 Mei

17 Juni, 18 Juni

14 Juli, 16 Juli,

14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus
Cheryl kemudian mengatakan kepada Albert dan Bernard secara terpisah tentang bulan dan tanggal ulang tahunnya secara berurutan.
 Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan: 
Albert    : Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi saya yakin Bernard tidak mengetahuinya juga.
 Bernard   : Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi saya sekarang tahu. 
Albert   : Berarti saya juga tahu ulang tahun Cheryl.
 Jadi, kapankah tanggal ulang tahun Cheryl? 

Soal Matematika Di Singapura Yang Menghebohkan Dunia


Penasaran dengan jawabanya? tim Rumus Matematika Dasar telah mencari ke berbagai sumber sampai akhirnya menemukan sebuah jawaban yang mudah untuk dipahami. Dan berikut ini adalah penjelasan yang diberikan oleh Nicholas Giovani seorang analis dari Universitas Indonesia:
Dari soal tersebut diketahui ada 10 kemungkinan awal hari ulang tahun Cheryl yaitu: 15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.
Apabila ulang tahun Cheryl jatuh pada 19 Mei atau 18 Juni, maka Bernard yang hanya diberitahu angka akan langsung mengetahuinya karena angka 18 dan 19 hanya ada pada kedua bulan tersebut dan tidak ada pada bulan yang lain.
Maka sisa kemungkinannya adalah 15 Mei, 16 Mei, 17 Juni, 14 Juni, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.
Apabila Albert diberitahu bahwa bulan ulang tahun Cheryl adalah Juni atau Mei, maka Albert tidak mungkin berkata "I know that Bernard does not Know, too" karena itu bisa membuktikan bahwa Albert diberitahu jika ulang tahun Cheryl antara bulan Juli atau Agustus.
Maka sisa kemungkinannya tinggal 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.
Bernard hanya diberi tahu tanggal. Dari apa yang dikatakan Albert, bernard mengetahui bahwa Albert diberitahu bahwa ultah Cheryl adalah bulan Juli atau Agustus.
Apabila tanggalnya adalah 14, maka Bernard masih akan kebingungan karena ada tanggal 14 Juli dan 14 agustus di dalam pilihan tersebut. Karena dia berkata "But I know" berarti dia sudah pasti mengetahuinya dan tanggal itu bukanlah 14.
Sampai pada tahap ini, Bernard sudah mengetahui bahwa tanggal ulang tahun Cheryl adalah 16 Juli. Karena dari fakta di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa tanggal yang diberitahukan Cheryl kepadanya adalah 16.
Sebelumnya, sisa kemungkinan yang ada ialah 16 Juli, 15 Agustus, dan 17 Agustus. Apabila Albert diberitahu bahwa bulannya adalah Agustus, maka dia juga akan kebingungan karena ada 2 tanggal di bulan agustus yaitu 15 dan 17. Karena tanggal 14 juga sudah kita eliminasi, maka yang tersisa adalah tanggal 16 dan Sudah pasti bulannya adalah Juli. Maka dari itu Albert kemudian berkata "Then I also Know when ...."
Jadi, jawaban dari soal tersebut adalah 16 Juli.
Bagaimana? Soal Matematika Di Singapura Yang Menghebohkan Dunia tersebut ternyata tidak hanya membutuhkan kemampuan berhitung tapi juga mengasah kemampuan logika kita. Semoga kalian bisa memahaminya, karena ternyata soal ini diperuntukan bagi siswa kelas 9 SMP. Jadi, sudah mampukah kalian menjawab soal-soal seperti ini?

No comments